Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Etika Dalam Pasar Kompetitif (Etika Bisnis Penulisan Materi 5) 3EA04

TUGAS PENULISAN

 

ETIKA BISNIS

JENIS PASAR, LATAR BELAKANG MONOPOLI, ETIKA DALAM PASAR KOMPETITIF

 

 

DISUSUN OLEH:

LAILY DWI YULIANTI (13217264)

 

DOSEN:

DR. HERRY SUSSANTO, SE., MM


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. LATAR BELAKANG

Pasar ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat) yang bisa mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Sistem tersebut sebagai aturan atas berbagai segmen, yakni semua pihak terkait seperti pembeli dan penjual, barang dagangan, serta peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang disepakati. Pasar mempunyai tiga fungsi  yakni: fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Dalam aktifitas distribusi, pasar berfungsi memperpendek jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar juga bertindak dengan mempermudah penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yakni kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Kemudian fungsi promosi merupakan peranan pasar yang sering dilihat, dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel dan lain – lain. Pasar menurut struktur dibedakan menjadi tiga macam yaitu pasar persaingan sempurna (pasar kompetitif), pasar monopoli, dan pasar oligopoly.

1.2 RUMUSAN MASALAH

1.      Apakah definisi dari pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan oligopoli ?

2.      Bagaimana  pasar monopoli di etika bisnis?

3.      Bagaimana etika bisnis di dalam pasar kompetitif sempurna?

4.       Bagaimana kompetisi di pasar global ?

 

 

 

1.3 TUJUAN PENULISAN

1.      Untuk mengetahui pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan oligopoly.

2.      Untuk mengetahui pasar monopoli di etika bisnis.

3.      Untuk mengetahui etika bisnis di dalam pasar kompetitif sempurna.

4.      Untuk mengetahui kompetisi di pasar global.


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Pasar Persaingan Sempurna

Suatu pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau barang yang sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga. Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah. Dilihat dari persaingan diuar harga, pasar persaingan sempurna tidak memiiki persaingan di luar harga.

Ciri-ciri pasar sempurna :

1.      Jumlah penjual dan pembeli yang banyak

2.      Produk yang di perdagangkan sama atau bisa di bilang homogeny

3.      Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga

Jenis-jenis pasar sempurna :

1.      Jumlah penjual dan pembeli banyak

2.      Barang yang di jual sama/homogeny

3.      Harga di tentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran

4.      Posisi tawar konsumen kuat

5.      Sensitif pada perubahan harga

6.      Sulit mendapatkan keuntungan lebih / diatas rata-rata.

2.2 Pasar Monopoli

Suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja atau bisa disebut suatu pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai pengganti. Keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan yang melebihi normal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi perusahaan – perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.

2.3 Pasar Oligopoli

Adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :

·         Harga produk yang dijual relatif sama

·         Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses

·         Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar

·         Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain

2.4 Monopoli dan Dimensi Etika Bisnis

Dari sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.

2.5 Etika Di Dalam Pasar Kompetitif Sempurna

Pasar bebas kompetitif sempurna mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan penjual menuju apa yang disebut titik keseimbangan. Dalam hal ini pasar dikatakan mampu mencapai tiga moral utama :

1.      Mendorong pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang adil.

2.      Memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.

3.      Mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.

2.6 Kompetisi Pada Pasar Ekonomi Global

Kompetisi global merupakan bertuk persaingan yang mengglobal, yang melibatkan beberapa Negara. Dalam persaingan itu, maka dibutuhkan trik dan strategi serta teknologi untuk bisa bersaing dengan Negara-negara lainnya. Disamping itu kekuatan modal dan stabilitas nasional memberikan pengaruh yang tinggi dalam persaingan itu. Dalam persaingan ini tentunya Negara-negara maju sangat berpotensi dalam dan berpeluang sangat besar untuk selalu bisa eksis dalam persaingan itu. Hal ini disebabkan karena :

1.      Teknologi yang dimiliki jauh lebih baik dari Negara-negara berkembang.

2.      Kemampuan modal yang memadai dalam membiayai persaingan global sebagai wujud investasi mereka.

3.       Memiliki masyarakat yang berbudaya ilmiah atau IPTEK.


BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Pasar ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat) yang bisa mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah. Dari sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.

 

Sumber :

https://mariefrancis65.wordpress.com/2016/11/27/jenis-pasar-latar-belakang-monopoli-etika-dalam-pasar-kompetitif/

https://janetfuyuko.wordpress.com/2016/10/26/jenis-pasar-latar-belakang-monopoli-etika-dalam-pasar-kompetitif/

https://wiwisetiawati.wordpress.com/2017/04/03/jenis-pasar-latar-belakang-monopoli-etika-dalam-pasar-kompetetif/

https://iwanmartinsim.wordpress.com/2016/11/13/jenis-pasar-latar-belakang-monopoli-etika-dalam-pasar-kompetitif/

http://renisusilawatime.blogspot.com/2017/03/etika-bisnis.html


Komentar