Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Etika Dalam Pasar Kompetitif (Etika Bisnis Penulisan Materi 5) 3EA04
TUGAS PENULISAN
ETIKA
BISNIS
JENIS
PASAR, LATAR BELAKANG MONOPOLI, ETIKA DALAM PASAR KOMPETITIF
DISUSUN OLEH:
LAILY DWI YULIANTI (13217264)
DOSEN:
DR. HERRY SUSSANTO, SE., MM
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Pasar
ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat) yang bisa
mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Sistem
tersebut sebagai aturan atas berbagai segmen, yakni semua pihak terkait seperti
pembeli dan penjual, barang dagangan, serta peraturan tertulis maupun tidak
tertulis yang disepakati. Pasar mempunyai tiga fungsi yakni: fungsi distribusi, fungsi pembentukan
harga, dan fungsi promosi. Dalam aktifitas distribusi, pasar berfungsi memperpendek
jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar juga
bertindak dengan mempermudah penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada
konsumen. Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yakni kesepakatan
harga antara penjual dan pembeli. Kemudian fungsi promosi merupakan peranan
pasar yang sering dilihat, dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk,
membagikan brosur, membagikan sampel dan lain – lain. Pasar menurut struktur
dibedakan menjadi tiga macam yaitu pasar persaingan sempurna (pasar
kompetitif), pasar monopoli, dan pasar oligopoly.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apakah
definisi dari pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan oligopoli ?
2. Bagaimana
pasar monopoli di etika bisnis?
3. Bagaimana
etika bisnis di dalam pasar kompetitif sempurna?
4. Bagaimana kompetisi di pasar global ?
1.3 TUJUAN PENULISAN
1. Untuk
mengetahui pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan oligopoly.
2. Untuk
mengetahui pasar monopoli di etika bisnis.
3. Untuk
mengetahui etika bisnis di dalam pasar kompetitif sempurna.
4. Untuk
mengetahui kompetisi di pasar global.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pasar Persaingan Sempurna
Suatu
pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan
adalah barang homogen atau barang yang sama dan penjual tidak memiliki
kebebasan dalam menentukan harga. Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa
keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah. Dilihat dari persaingan diuar
harga, pasar persaingan sempurna tidak memiiki persaingan di luar harga.
Ciri-ciri
pasar sempurna :
1. Jumlah
penjual dan pembeli yang banyak
2. Produk
yang di perdagangkan sama atau bisa di bilang homogeny
3. Pemerintah
tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga
Jenis-jenis
pasar sempurna :
1. Jumlah
penjual dan pembeli banyak
2. Barang
yang di jual sama/homogeny
3. Harga
di tentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran
4. Posisi
tawar konsumen kuat
5. Sensitif
pada perubahan harga
6. Sulit
mendapatkan keuntungan lebih / diatas rata-rata.
2.2 Pasar Monopoli
Suatu
bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja atau bisa disebut suatu
pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya banyak dan menghasilkan
barang yang tidak mempunyai pengganti. Keuntungan yang dinikmati oleh
perusahaan monopoli adalah keuntungan yang melebihi normal dan ini diperoleh
karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi perusahaan –
perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.
2.3 Pasar Oligopoli
Adalah
suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau
penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah
industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Sifat-sifat pasar oligopoli :
·
Harga produk yang dijual relatif sama
·
Pembedaan produk yang unggul merupakan
kunci sukses
·
Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber
daya yang besar
·
Perubahan harga akan diikuti perusahaan
lain
2.4 Monopoli dan Dimensi Etika
Bisnis
Dari
sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai
nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai
ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai
hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.
2.5 Etika Di Dalam Pasar Kompetitif
Sempurna
Pasar
bebas kompetitif sempurna mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan
penjual menuju apa yang disebut titik keseimbangan. Dalam hal ini pasar
dikatakan mampu mencapai tiga moral utama :
1. Mendorong
pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang adil.
2. Memaksimalkan
utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan,
menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.
3. Mencapai
tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan
penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.
2.6 Kompetisi Pada Pasar Ekonomi
Global
Kompetisi
global merupakan bertuk persaingan yang mengglobal, yang melibatkan beberapa
Negara. Dalam persaingan itu, maka dibutuhkan trik dan strategi serta teknologi
untuk bisa bersaing dengan Negara-negara lainnya. Disamping
itu kekuatan modal dan stabilitas nasional memberikan pengaruh yang tinggi
dalam persaingan itu. Dalam persaingan ini tentunya Negara-negara maju sangat
berpotensi dalam dan berpeluang sangat besar untuk selalu bisa eksis dalam
persaingan itu. Hal ini disebabkan karena :
1. Teknologi
yang dimiliki jauh lebih baik dari Negara-negara berkembang.
2. Kemampuan
modal yang memadai dalam membiayai persaingan global sebagai wujud investasi
mereka.
3. Memiliki masyarakat yang berbudaya ilmiah atau
IPTEK.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Pasar
ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat) yang bisa
mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Dalam
pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat
mudah. Dari sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam
mencapai nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu
mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak
menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.
Sumber
:
http://renisusilawatime.blogspot.com/2017/03/etika-bisnis.html
Komentar
Posting Komentar